ARTIKEL - Dilengkapi Peralatan Canggih, Layanan RS Mata Undaan Setara Singapura

Dilengkapi Peralatan Canggih, Layanan RS Mata Undaan Setara Singapura

Sumber : rri.co.id

...

Bertepatan dengan hari jadi Kota Surabaya ke-729, RS Mata Undaan yang juga merupakan salah satu cagar budaya kebanggaan Kota Surabaya merayakan hari yang istimewa. 

Sebuah Gedung yang khusus dibuka untuk melayani pasien yang memiliki kebutuhan akan kosmetika mata telah rampung dalam proses pembangunannya dan siap diresmikan. 

Gedung LASIK & Aesthetic Center ini diresmikan langsung oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, yang hadir bersama dengan rombongan dari kantor Dinas Pemerintahan Kota Surabaya. 

Gedung LASIK & Aesthetic Center yang terletak dibagian depan RS Mata Undaan tersebut terdiri dari 4 lantai yang meliputi beberapa fasilitas, diantaranya LASIK Center di lantai 2, Aesthetic Care dan Dry Eye Clinic di lantai 4. 

Lantai 1 difungsikan sebagai Receptionist area dan Coffee Shop, sedangkan lantai 3 merupakan lantai khusus pasien yang menjalani rawat inap di kamar kelas VIP dan VVIP. Pasien juga dapat menikmati fasilitas Executive Lounge yang juga berada di lantai 4. 

Sejak didirikan pada tahun 2004, LASIK Center di RS Mata Undaan telah menjadi salah satu pelopor LASIK, hadir dengan tampilan baru dan dilengkapi dengan teknologi koreksi refraksi termutakhir, ReLEx® SMILE PRO. 

Laser Vision Correction Technology produksi Zeiss dari Jerman ini, merupakan generasi terbaru yang mampu mengkoreksi mata minus (myopia) dan silinder (astigmatisme) dan rabun dekat (presbiopi). 

ReLEx ® SMILE merupakan akronim dari Refractive Lenticule Extraction, Small Incision Lenticule Extraction, adalah tindakan koreksi kelainan refraksi menggunakan teknologi femtosecond laser. 

Berbeda dengan teknologi LASIK sebelumnya, prosedur ReLEx ® SMILE tidak memerlukan pembuatan flap. 

ReLEx ® SMILE Pro dengan teknologi terbaru dari Zeiss VISUMAX 800, mampu menangani berbagai kelainan refraksi seperti rabun jauh (miopia) hingga 10 dioptri, silinder (astigmatisme) hingga 5 dioptri  dan rabun dekat (presbiopi) hanya dengan 1 alat saja. 

Waktu pengerjaan prosedur ReLEx ® SMILE hanya sekitar 10 menit saja tiap satu sisi mata, tindakan lasernya sendiri hanya berlangsung sekitar 8-10 detik,  dimulai ketika Visumax membuat lenticule yakni jaringan berbentuk lapisan tipis pada kornea. 

Lenticule ini lalu dikeluarkan melalui sayatan kecil 2 -4 mm. Struktur kornea tetap stabil dan tidak terganggu pada tahapan ini. Sayatan micro mengurangi risiko terjadinya mata kering pasca operasi. 

Ditemui disela-sela persiapan dalam peresmian Gedung LASIK & Aesthetic Center, Direktur sekaligus tim dokter dari Divisi Lensa, Kornea & Bedah Refraktif, dr. Sahata PH. Napitupulu Sp.M(K) menyampaikan, tingkat akurasi dan presisi tinggi didukung dengan teknologi Oculign System yang dimiliki ReLEx ® SMILE PRO, akan membuat waktu pengerjaan tindakan lasernya jauh  lebih singkat. 

"Yakni sekitar 8 detik,  serta memberikan pengalaman yang lebih berkesan bagi pasien," ujarnya. 

Melengkapi Layanan di gedung LASIK & Aesthetic Center, RS Mata Undaan bertanggung jawab untuk bisa memberikan layanan dan perawatan kosmetika mata yang berbasis medis, melalui Aesthetic Care dan Dry Eye Clinic.  

Beberapa Tindakan dalam pelayanan Aesthetic Care meliputi Bedah Kosmetik Mata & Rekonstruksi, yang umum dikenal sebagai bedah kelopak mata, berfokus pada struktur di sekitar mata, termasuk orbita (tulang dan isi rongga mata), sistem lakrimal (sistem saluran air mata), dahi, dan area wajah tengah. 

Tindakan bedah mata yang menjadi primadona dalam layanan ini dalam bedah kelopak mata (Okuloplasti), diantaranya Blepharoplasty, Ptosis, Lagopthalmus, Entropion/Ektropion sikatrikal, Rekonstruksi kasus tumor dan traumatika. 

Adalah dr. Yana Rosita Sp.M(K) dan dr. Muh. Valeri Al-Hakim Sp.M dari divisi Rekonstruksi, Okuloplasti dan Onkologi yang akan memperkuat tim dokter melalui layanan di Aesthetic Care. 

Dry Eye Clinic di LASIK & Aesthetic Center adalah layanan yang mengkhususkan diri dalam analisis dan perawatan penyakit mata kering yang pertama dalam sebuah Rumah Sakit Mata di Jawa Timur. 

Menangani kasus Dry Eye Disease (penyakit mata kering) dari derajat ringan hingga berat. Penyakit mata kering dapat menimbulkan risiko serius dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang jika tidak ditangani dengan benar. 

Penyakit mata kering dapat dipicu oleh banyak faktor. Disinilah fungsi dari alat diagnostik kami bekerja untuk mendeteksi kelainan apa yang terjadi di dalam komposisi air mata pasien, sehingga dapat memberikan perawatan yang sesuai. 

Penanganan penyakit mata kering dengan IPL (Intense Pulsed Light), merupakan metode perawatan dengan teknologi yang mampu:- Menurunkan derajat inflamasi pada pasien dan melancarkan kembali aliran darah di pembuluh darah.- Menghambat pencetus munculnya inflamasi- Mengurangi bakteri dan virus penyebab inflamasi- Memulihkan kinerja dan fungsi kelenjar - Memperbaiki stabilitas dan kualitas air mata- Menghilangkan keluhan penyakit mata kering 

Keseluruhan pelayanan yang ada di Gedung LASIK & Aesthetic Center terintegrasi dengan pelayanan yang ada di RS Mata Undaan, sehingga pasien mendapatkan pelayanan ‘One Stop Service” yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman tanpa perlu repot keluar negeri. 

Ketua Badan Pengurus Perhimpunan Perawatan Penderita Penyakit Mata Undaan (P4MU), Arif Affandi menyampaikan, pembangunan layanan premium khusus LASIK & Aesthetic merupakan salah satu dari beragam rencana strategis yang akan dilakukan oleh P4MU guna mengembangkan Rumah Sakit peninggalan Belanda ini. 

"Masyakarat kini tidak perlu bepergian jauh keluar negri untuk melakukan tindakan bedak kosmetik mata. Berbekal pengalaman dan berbasis medis karena didukung tenaga professional dan kompeten di bidang oftalmologi, akan memberikan pelayanan yang makin paripurna bagi seluruh pasien di RS Mata Undaan," ucapnya.


...

Phakic IOL Solusi Untuk Mata Minus yang Jarang Diketahui

Telah direview oleh dr. Dini D., SpM pada 25 Februari 2024

...

Teknologi Tercanggih dari LASIK, SMILE Pro Hilangkan Mata Minus Hanya 8 detik

Telah Direview oleh dr. Dini D., SpM pada 17 Januari 2024

...

Retinopathy of Prematurity: Definisi, Gejala, Faktor Risiko, dan Pengobatan

Telah Direview oleh dr. Ria Sylvia H., SpM pada 1 November 2023

...

Penyakit Mata Kering (Dry Eye Disease): Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan

Telah Direview oleh dr. Nur Alim, SpM pada 26 Oktober 2023

...

Mendeteksi Gangguan Penglihatan Pada Mata Anak

Telah Direview oleh dr. Ria Sylvia H., SpM pada 4 Januari 2024

...

Mitos dan Fakta Glaukoma

Podcast Beri Tanda RS Mata Undaan

...

Mitos dan Fakta Tentang Kacamata

Podcast Beri Tanda RS Mata Undaan

...

Mata Juling (Strabismus)

Telah Direview oleh dr. Ria Sylvia H., SpM pada 1 November 2023

...

Apa itu Pediatric Opthalmologist?

Telah direview oleh dr. Ria Sylvia, SpM pada 1 November 2023

...

Retinopati Diabetik: Definisi, Penyebab, Gejala, Faktor Risiko, dan Pengobatan

Telah direview oleh dr. Rita Tjandra, SpM pada 26 Oktober 2023

...

Teknologi Laser Vision Correction (LVC) Bebaskan Mata Minus dan Silinder

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 29 Oktober 2023

...

Apa itu Pre LASIK dan apa saja yang dilakukan?

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 29 Oktober 2023

...

Transplantasi Kornea (Keratoplasty)

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 28 Oktober 2023

...

Kelainan Refraksi

Telah direview oleh: dr. Kitriastuti Sp.M pada 26 Oktober 2023

...

“Divonis Dokter Kornea Rusak Di Usia Muda, Sekarang Bisa Melihat Kembali”

Bagaimana rasanya melihat dunia dengan kegelapan? Hal tersebut tak pernah sedikitpun terlintas didalam benak Nanda. Sempat mengalami kebutaan selama hampir 4 tahun, kini 80% pengelihatannya telah kembali.

...

Glaukoma: Definisi, Penyebab, Gejala, Faktor Risiko, dan Cara Pengobatan

Telah direview oleh: dr. Dewi Rosarina, Sp.M pada 25 Oktober 2023

...

Jenis-jenis Glaukoma

Telah direview oleh: dr. Dewi Rosarina, Sp.M pada 25 Oktober 2023

...

Ablasio Retina: Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Telah direview oleh: dr. Rita Tjandra, Sp.M pada 24 Oktober 2023

...

Operasi Katarak: Prosedur, Risiko, Pemulihan dan Biaya

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 23 Oktober 2023

...

Teknologi Canggih: IOL, Lensa Buatan Untuk Pasien Katarak

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 23 Oktober 2023

...

Memahami Katarak: Definisi, Gejala, dan Cara Pengobatan

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 23 Oktober 2023