ARTIKEL - Kado Surabaya, Eri Resmikan Lasik dan Aesthetic Center RSMU

Kado Surabaya, Eri Resmikan Lasik dan Aesthetic Center RSMU

Sumber : ngopibareng.id

...

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Surabaya ke 729, RS Mata Undaan menyiapkan kado spesial. Adalah peresmian gedung Lasik dan Aesthetic Center pada Selasa, 31 Mei 2022. Acara dibuka dengan sambutan oleh Arif Afandi, Ketua Perkumpulan Perawatan Penderita Penyakit Mata Undaan (P4MU).

Dalam pidatonya, alumnus Universitas Gadjah Mada itu menyebut RS Mata Undaan adalah ikon Kota Surabaya. Oleh karena itu, RS Mata Undaan mengedepankan inovasi pada pelayanannya.

“Ini RS heritage yang iconic, kami berniat menjaganya agar tetap menjadi icon dengan cara terus menerus mengembangkan produk layanan baru. Salah satunya Lasik dan Aesthetic Center. Kami membangunnya hanya dalam waktu delapan bulan,” katanya.

Tak hanya itu, yang menarik, alat medisnya didatangkan langsung dari Jerman dengan versi teknologi terbaru. “Karena menjadi icon, pengadaan alat medisnya juga berusaha jadi pertama. Lasik pertama di Indonesia Timur ya di sini,” imbuhnya.

Mantan Wakil Walikota Surabaya itu melanjutkan, Lasik dan Aesthetic Center di Surabaya akan menjadi health tourism destination. Di mana untuk memperoleh pelayanan mata yang paripurna warga Surabaya tak perlu pergi ke luar negeri.

“Orang-orang yang butuh pelayanan mata prima nggak perlu ke Singapura, Korea, Filipina, ataupun Australia. Di sini harganya kompetitif. Kalau di luar negeri Rp 15 juta, di kami hanya Rp 4 juta. Dokter kita hebat-hebat dan terus berkembang terus. Termasuk dokter bedah plastiknya,” katanya.

Arif menutup dengan mengajak Walikota Surabaya Eri Cahyadi untuk meninjau fasilitas yang ada. “Saya berterimakasih Bapak Walikota berkenan meresmikan di sela kesibukannya. Semoga nanti juga mau diperiksa menggunakan teknologi dry-eye yang sudah ada,” tandasnya.

Peresmian Gedung oleh Walikota Surabaya

Acara lalu dilanjutkan dengan sambutan dan peresmian gedung oleh Walikota Surabaya, Eri Cahyadi. Dengan adanya Lasik dan Aesthetic Center ini Eri berharap semakin banyak warga Surabaya yang mendapat pelayanan mata yang terbaik. Khususnya dengan tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri.

Tak hanya itu, Eri meminta agar kerja sama antara pemerintah dengan beberapa stakeholders tetap terjaga. “Semoga dengan peresmian ini banyak masyarakat Surabaya mendapat pelayanan yang terbaik. Nggak perlu ke luar negeri. Di sini dokternya hebat dan luar biasa. Sinergi pemerintah dan stakeholders akan membawa perubahan. Surabaya Kota hebat, sinerginya kuat,” katanya.

Eri melanjutkan, ke depannya RS Mata Undaan Surabaya tetap memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Terlebih selalu di hati warga Surabaya.

“Insyaallah di sini lengkap. Semoga dengan diresmikannya Lasik dan Aesthetic Center ini menjadi berkah untuk Surabaya. RS Mata Undaan juga tetap menjadi pilihan masyarakat yang tidak hanya menyediakan layanan premium, namun BPJS juga tetap berjalan,” tutupnya.

Layanan di Lasik dan Aesthetic Center RSMU

Gedung Lasik & Aesthetic Center terletak di bagian depan RS Mata Undaan terdiri dari 4 lantai meliputi beberapa fasilitas. Di antaranya Lasik Center di lantai 2, Aesthetic Care dan Dry Eye Clinic di lantai 4.

Lantai 1 difungsikan sebagai receptionist area dan coffee shop, sedangkan lantai 3 merupakan lantai khusus pasien yang menjalani rawat inap di kamar kelas VIP dan VVIP. Pasien juga dapat menikmati fasilitas executive lounge yang juga berada di lantai 4.

Melengkapi layanan di gedung Lasik & Aesthetic Center, RS Mata Undaan bertanggung jawab untuk bisa memberikan layanan dan perawatan kosmetika mata yang berbasis medis, melalui Aesthetic Care dan Dry Eye Clinic.  

Beberapa Tindakan dalam pelayanan Aesthetic Care meliputi Bedah Kosmetik Mata & Rekonstruksi, yang umum dikenal sebagai bedah kelopak mata, berfokus pada struktur di sekitar mata, termasuk orbita (tulang dan isi rongga mata), sistem lakrimal (sistem saluran air mata), dahi, dan area wajah tengah.

Tindakan bedah mata yang menjadi primadona dalam layanan ini dalam bedah kelopak mata (Okuloplasti), di antaranya blepharoplasty, ptosis, lagopthalmus, entropion/ektropion sikatrikal, rekonstruksi kasus tumor dan traumatika. Adalah dr. Yana Rosita Sp.M(K) dan dr. Muh. Valeri Al-Hakim Sp.M dari divisi Rekonstruksi, Okuloplasti dan Onkologi yang akan memperkuat tim dokter melalui layanan di Aesthetic Care.

Dry Eye Clinic di Lasik & Aesthetic Center adalah layanan yang mengkhususkan diri dalam analisis dan perawatan penyakit mata kering yang pertama dalam sebuah Rumah Sakit Mata di Jawa Timur.

Menangani kasus Dry Eye Disease (penyakit mata kering) dari derajat ringan hingga berat. Penyakit mata kering dapat menimbulkan risiko serius dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang jika tidak ditangani dengan benar.

Penyakit mata kering dapat dipicu oleh banyak faktor. Di sinilah fungsi dari alat diagnostik kami bekerja untuk mendeteksi kelainan apa yang terjadi di dalam komposisi air mata pasien, sehingga dapat memberikan perawatan yang sesuai. Penanganan penyakit mata kering dengan IPL (Intense Pulsed Light), merupakan metode perawatan dengan teknologi yang mampu:

  • Menurunkan derajat inflamasi pada pasien dan melancarkan kembali aliran darah di pembuluh darah.

  • Menghambat pencetus munculnya inflamasi

  • Mengurangi bakteri dan virus penyebab inflamasi

  • Memulihkan kinerja dan fungsi kelenjar 

  • Memperbaiki stabilitas dan kualitas air mata

  • Menghilangkan keluhan penyakit mata kering


...

Phakic IOL Solusi Untuk Mata Minus yang Jarang Diketahui

Telah direview oleh dr. Dini D., SpM pada 25 Februari 2024

...

Teknologi Tercanggih dari LASIK, SMILE Pro Hilangkan Mata Minus Hanya 8 detik

Telah Direview oleh dr. Dini D., SpM pada 17 Januari 2024

...

Retinopathy of Prematurity: Definisi, Gejala, Faktor Risiko, dan Pengobatan

Telah Direview oleh dr. Ria Sylvia H., SpM pada 1 November 2023

...

Penyakit Mata Kering (Dry Eye Disease): Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan

Telah Direview oleh dr. Nur Alim, SpM pada 26 Oktober 2023

...

Mendeteksi Gangguan Penglihatan Pada Mata Anak

Telah Direview oleh dr. Ria Sylvia H., SpM pada 4 Januari 2024

...

Mitos dan Fakta Glaukoma

Podcast Beri Tanda RS Mata Undaan

...

Mitos dan Fakta Tentang Kacamata

Podcast Beri Tanda RS Mata Undaan

...

Mata Juling (Strabismus)

Telah Direview oleh dr. Ria Sylvia H., SpM pada 1 November 2023

...

Apa itu Pediatric Opthalmologist?

Telah direview oleh dr. Ria Sylvia, SpM pada 1 November 2023

...

Retinopati Diabetik: Definisi, Penyebab, Gejala, Faktor Risiko, dan Pengobatan

Telah direview oleh dr. Rita Tjandra, SpM pada 26 Oktober 2023

...

Teknologi Laser Vision Correction (LVC) Bebaskan Mata Minus dan Silinder

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 29 Oktober 2023

...

Apa itu Pre LASIK dan apa saja yang dilakukan?

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 29 Oktober 2023

...

Transplantasi Kornea (Keratoplasty)

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 28 Oktober 2023

...

Kelainan Refraksi

Telah direview oleh: dr. Kitriastuti Sp.M pada 26 Oktober 2023

...

“Divonis Dokter Kornea Rusak Di Usia Muda, Sekarang Bisa Melihat Kembali”

Bagaimana rasanya melihat dunia dengan kegelapan? Hal tersebut tak pernah sedikitpun terlintas didalam benak Nanda. Sempat mengalami kebutaan selama hampir 4 tahun, kini 80% pengelihatannya telah kembali.

...

Glaukoma: Definisi, Penyebab, Gejala, Faktor Risiko, dan Cara Pengobatan

Telah direview oleh: dr. Dewi Rosarina, Sp.M pada 25 Oktober 2023

...

Jenis-jenis Glaukoma

Telah direview oleh: dr. Dewi Rosarina, Sp.M pada 25 Oktober 2023

...

Ablasio Retina: Definisi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Telah direview oleh: dr. Rita Tjandra, Sp.M pada 24 Oktober 2023

...

Operasi Katarak: Prosedur, Risiko, Pemulihan dan Biaya

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 23 Oktober 2023

...

Teknologi Canggih: IOL, Lensa Buatan Untuk Pasien Katarak

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 23 Oktober 2023

...

Memahami Katarak: Definisi, Gejala, dan Cara Pengobatan

Telah direview oleh: dr. Dini Dharmawidiarini, SpM (K) pada 23 Oktober 2023