PUBLIKASI - Komunitas Glaukoma "JAGOAN" RS Mata Undaan Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Mata pada Warga Sambongan

Komunitas Glaukoma "JAGOAN" RS Mata Undaan Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Mata pada Warga Sambongan

...

Surabaya, 20 Mei 2024 – Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) mengadakan kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan mata bagi para lansia di Sambongan, Surabaya. Melalui komunitas glaukoma RS Mata Undaan “JAGOAN” acara yang diselenggarakan pada 20 Mei 2024 ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang glaukoma, sebuah penyakit mata yang serius dan dapat menyebabkan kebutaan permanen jika tidak ditangani dengan tepat.

Menyasar kelompok lanjut usia yang berisiko tinggi terkena glaucoma, acara ini dilaksanakan bersamaan dengan jadwal rutin posyandu lansia di Sambongan Kulon 1 RT 02 RW 04 Surabaya. Acara dimulai dengan sosialisasi mengenai glaukoma bersama dokter spesialis mata, dr. Dewi Rosarina SpM, dilanjutkan screening glaukoma melalui pemeriksaan tekanan bola mata menggunakan Non-Contact Tonometer (NCT).

Pelaksanaan acara ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai glaukoma, tetapi juga mendorong masyarakat untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat, risiko kebutaan akibat glaukoma dapat diminimalkan. Selain itu, kegiatan ini mendukung program Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap glaukoma dan pentingnya kesehatan mata.

“Untuk bapak-ibu khususnya yang sudah memiliki usia diatas 40 tahun, sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin setidaknya satu tahun sekali, karena seperti yang kita ketahui bersama, glaukoma tidak dapat disembuhkan melalui operasi, berbeda dengan katarak. Pemeriksaan dini penting untuk menghindari terjadinya kebutaan karena glaukoma” tutur dr. Dewi Rosarina Sp.M dalam sesi talkshow.

Menurut data yang dihimpun oleh World Health Organization (WHO), glaukoma adalah penyebab utama kedua kebutaan di dunia setelah katarak. Meski prevalensinya tinggi, banyak penderita glaukoma tidak menyadari kondisi mereka hingga tahap lanjut karena penyakit ini sering kali tidak menunjukkan gejala awal.

Melalui kegiatan ini, RSMU berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pencegahan glaukoma dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat lansia di wilayah Sambongan dan sekitarnya. "Saya berterimakasih kepada RS Mata Undaan, dengan adanya acara ini, warga disini, terutama para lansia bisa diperiksa tekanan bola matanya," ujar Ibu Sisil selaku anggota komunitas glaukoma “JAGOAN” yang juga menjadi koordinator eskternal acara ini.

 


...

Terapi IPL Tangani Mata Kering

Sumber: Metropolis

...

https://rsmataundaan.co.id/index.php/konten/publikasi_detail/24

Peringati World Sight Day 2023, RS Mata Undaan Gelar Pemeriksaan Mata Gratis Untuk Pekerja Media

...

Operasi Mata Minus Hanya 8 Detik

Proses operasi mata menggunakan Zeiss Visumax 800 di RS. Mata Undaan

...

Dukung Pengobatan Mata Menjadi Medical Tourism

Walikota Surabaya Bpk Eri Cahyadi , S.T., M.T. menyatakan peresmian Gedung LASIK & Aesthetic Center menjadi sarana Medical Tourism di Surabaya

...

Lapang Pandang Menyempit, Segera Periksa Mata

Sosialisasai tentang pentingnya deteksi dini Glaukoma kepada masyarakat

...

Tangani Katarak 20 Pasien Miskin

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak RS. Mata Undaan

...

Waspadai Sindrom Mata Kering

Mata Kering dipicu akibat terlalu lama melihat gadget