PUBLIKASI - CDC RS Mata Undaan Bantu Bank Mata Indonesia Perluas Cakupan Donor Kornea

CDC RS Mata Undaan Bantu Bank Mata Indonesia Perluas Cakupan Donor Kornea

Sumber: memorandum.disway.id

...

Surabaya, Memorandum - Cornea Donation Center (CDC) RS Mata Undaan Surabaya kembali mengadakan seminar dan pelatihan mengenai eksisi kornea. Bertajuk Cornea Masterclass: Connecting the Dots of Corneal Infection, Corneal Transplant, and Eye Banking, kegiatan yang diikuti ratusan peserta ini berlangsung di Hotel Bumi Surabaya City Resort selama dua hari, Sabtu (16/9/2023)-Minggu (17/9/2023).

Ketua Cornea Donation Center RS Mata Undaan Surabaya (CDC RS Mata Undaan), dr Dini Dharmawidiarini SpM (K)   menjelaskan, seminar dan pelatihan ini diwujudkan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dokter umum, dokter spesialis mata, perawat, dan sejawat dalam eksisi kornea, transplantasi kornea, dan bank mata.

"Tujuan kali ini untuk memperbanyak tenaga eksisi bank mata. Jadi pelatihan sendiri selain memperbanyak tenaga eksisi, supaya kemampuan tenaga eksisi itu memiliki standarisasi. Jadi ini standarisasi eksisi kornea untuk mendapatkan donor yang kualitasnya baik dan aman untuk diberikan ke pasien," kata dr Dini, diwawancarai Memorandum di sela sela kegiatan seminar, Sabtu (16/9/2023).

Dokter mata asal Surabaya yang pernah meraih penghargaan Surgeon International Award Royal Australasian College of Surgeon ini menjelaskan, kebutuhan kornea di Indonesia sangat tinggi. Akan tetapi, jumlah pendonor kornea mata rendah karena masih kegelisahan, hal tersebut mendorong hadirnya cornea donation center (CDC) RS Mata Undaan.

"CDC RS Mata Undaan ini lahir karena melihat permasalaan angka kebutaan akibat kelainan kornea mata yang tinggi. CDC ini sebenarnya bank mata. Jadi membantu untuk mengkolep donor kornea mata. Kita beri nama cornea donation center supaya lebih ada awareness (kesadaran) bahwa ini kornea. Kadang kadang masyarakat itu masih ada ketakutan, kegelisahan, dan beranggapan jika matanya diambil semua, kita berikan pemahaman dan sosialisasi," jelasnya.

Dokter spesialis Mata Konsultan di bidang bedah refraksi ini menerangkan kelainan kornea ini dapat disembuhkan dengan donor kornea, namun angka donor kornea di Indonesia sangat minim dibanding penerima donor lebih banyak ketimbang calon pendonor. Oleh karena itu, CDC diharapkan membantu bank mata Indonesia perluas percakupan donor kornea di Jawa Timur.

"Kebutuhan donor kornea? untuk di RS Mata Undaan sendiri antrian di atas 200 orang penerima donor. Tapi donor yang tersedia belum ada. Jadi antrian terpanjang itu 2 tahun," ungkapnya.

dr Dini yang pernah melakukan pelayanan mata di pulau-pulau terpencil ini mengaku tentu angka tersebut  terjadi timpang. Sebab pendonoran kornea ini dilakukan ketika pendonor tutup usia sehingga harus menunggu.

"Sampai saat ini untuk calon pendonor terdaftar 513 orang, tapi donor itu kan bisa diambil setelah pendonornya meninggal dunia," ungkapnya.

Lulusan Fakultas Kedokteran Unair tahun 2002 ini melanjutkan, dari data yang sudah ada, rata rata pendonor kornea mata adalah dari khalangan usia muda hingga dewasa. "Untuk usia 18 hingga 45 tahun. Untuk donor kornea tidak ada batasan usia, jadi berapa pun boleh," terangnya.

Dengan ada CDC RS Mata Undaan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk donor kornea mata. Sebab donor kornea menjadi kesempatan untuk partisipasi bantu orang yang mengalami kebutaan untuk mendapatkan kornea.

"Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, jadi kami CDC RS Mata Undaan harus melakukan penyuluhan penyuluhan, rutin menggelar sosialisasi di beberapa komunitas, kantor, perkumpulan keagamaan, panti werdha, dan masih banyak lainnya," jelasnya.

Adapun untuk menjadi pendonor kornea mata, tidaklah sulit, dan cukup mudah mendaftar. "Tidak sulit sama sekali jadi calon donor, hanya sekejap isi formulir keinginan sudah terpenuhi,” ujar dia.

CDC RS Mata Undaan tak hanya kampanye sadar masyarakat donor kornea tetapi juga mencari para orang butuh untuk terima transplasi kornea mata tetapi tidak mampu.

Konsultan The John Fawcett Foundation Indonesia ini melanjutkan, pada hari pertama kegiatan Bertajuk Cornea Masterclass akan diisi dengan seminar. Lalu hari kedua dilakukan praktik wetlab secara langsung yakni, pelatihan mengeksisi kornea menggunakan mata babi.

Selain itu, pihaknya juga menghadirkan beberapa topik simposium. Lalu materi akan diberikan secara lengkap dan mendalam oleh para pakar termasuk guest speaker dari LV Prasad Eye Institute Ramayamma International Eyebank.

"Kami menghadirkan 12 topik simposium beserta 2 sesi wetlab. Materi akan diberikan secara lengkap dan mendalam oleh para pakar termasuk guest speaker dari LV Prasad Eye Institute Ramayamma International Eyebank," pungkas Dini.

Dalam seminar ini ada 12 narasumber. Diantaranya Srinivas Gunnam selaku Manajer Tenchnical Operations Ramayana International Eye Bank, Prof dr Tjahjono D. Gondhowiardjo Chairman of Indonesian Eye Bank; Dr dr Wimbo Sasono Chairman of Surabya Branch Eye Bank; Dr dr Ismi Zuharia Officer of Surabaya Branch Eye Bank; dr Dini Dharmawidiarini SpM K Chairman of Cornea  Donation Center Unfaan Eye Hospital Surabaya; dr Nur Alim, dr Dedik Ipung S; Eros Rosikin, Dasril Karim, Habiby; Ns Agliyisyah, Ns Nenny Nayulita.(alf/ziz)

Sumber: https://memorandum.disway.id/read/74261/cdc-rs-mata-undaan-bantu-bank-mata-indonesia-perluas-cakupan-donor-kornea/15


...

https://rsmataundaan.co.id/index.php/konten/publikasi_detail/24

Peringati World Sight Day 2023, RS Mata Undaan Gelar Pemeriksaan Mata Gratis Untuk Pekerja Media

...

Operasi Mata Minus Hanya 8 Detik

Proses operasi mata menggunakan Zeiss Visumax 800 di RS. Mata Undaan

...

Dukung Pengobatan Mata Menjadi Medical Tourism

Walikota Surabaya Bpk Eri Cahyadi , S.T., M.T. menyatakan peresmian Gedung LASIK & Aesthetic Center menjadi sarana Medical Tourism di Surabaya

...

Lapang Pandang Menyempit, Segera Periksa Mata

Sosialisasai tentang pentingnya deteksi dini Glaukoma kepada masyarakat

...

Tangani Katarak 20 Pasien Miskin

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak RS. Mata Undaan

...

Waspadai Sindrom Mata Kering

Mata Kering dipicu akibat terlalu lama melihat gadget