PUBLIKASI - RSMU X HGK: Pesan dari Dokter Spesialis Mata dalam Kegiatan “Let’s See Our World Clearly With Opthalmologist”

RSMU X HGK: Pesan dari Dokter Spesialis Mata dalam Kegiatan “Let’s See Our World Clearly With Opthalmologist”

...

Surabaya, 21 November 2023 – RS Mata Undaan berkolaborasi dengan Happy Grow Kids, sebuah lembaga pendidikan usia dini dengan konsep learn and play, menggelar kegiatan bertajuk “Let’s See Our World Clearly with Ophthalmologist” pada Sabtu, 18 November 2023 bertempat di lantai 5 Gedung LASIK & Aesthetic Center – RS Mata Undaan Surabaya. Acara ini menyasar untuk 2 kelompok usia anak yaitu usia 5 bulan hingga 3 tahun dan usia 3 hingga 10 tahun, yang didampingi oleh orang tua masing-masing.

Acara dimulai dengan pemaparan edukasi oleh dokter spesialis mata divisi Pediatrik & Strabismus, dr. Ria Sylvia, Sp.M kepada para orang tua peserta kegiatan. dr. Ria dalam sharing session-nya menuturkan perlunya kesadaran orang tua untuk mewaspadai kelainan mata yang dimiliki oleh anak sejak dini. Selama ini masih banyak ditemukan orang tua yang merasa cukup ketika anaknya mampu melihat sebuah objek atau benda. Padahal masih banyak komponen lain yang perlu diperhatikan oleh orang tua, diantaranya adalah ketajaman penglihatan, kemampuan membedakan warna, dan kemampuan memfokuskan bayangan dari jauh dan dekat.

“Orang tua perlu memahami proses melihat yang normal dan efektif. Karena proses yang efektif sangat berpengaruh terhadap prestasi dan proses belajar anak.” Imbuh dr. Ria Sylvia, Sp.M saat menyampaikan materi di sesi Tanya Dokter. Menurut dr. Ria dr. Ria Sylvia, Sp.M kasus mata yang sering ditemui pada anak adalah kelainan refraksi seperti rabun jauh atau rabun dekat.

Kegiatan dilanjutkan dengan mini experiment, kids activity, dan fun games untuk anak-anak peserta yang diisi oleh tim Happy Grow Kids. Anak-anak diajak untuk melakukan eksperimen mudah mengenai bagaimana cara mata bekerja dengan  alat bantu sederhana. “Anak-anak terlihat sangat antusias dalam mempraktekan bagaimana kerja mata kita dapat menangkap gambar atau cahaya.” ujar Alifia Salma selaku project manager kegiatan ini.

Dalam rangkaian kegiatannya, peserta juga diajak untuk melakukan pemeriksaan ketajaman penglihatan yang dilakukan langsung oleh refraksi optisien RSMU. Di akhir acara peserta dan orang tua diajak untuk berkeliling melihat fasilitas dan alat-alat Kesehatan yang ada dalam rangkaian hospital tour di LASIK & Eye Aesthetic Care. (S4/Yo)

 


...

https://rsmataundaan.co.id/index.php/konten/publikasi_detail/24

Peringati World Sight Day 2023, RS Mata Undaan Gelar Pemeriksaan Mata Gratis Untuk Pekerja Media

...

Operasi Mata Minus Hanya 8 Detik

Proses operasi mata menggunakan Zeiss Visumax 800 di RS. Mata Undaan

...

Dukung Pengobatan Mata Menjadi Medical Tourism

Walikota Surabaya Bpk Eri Cahyadi , S.T., M.T. menyatakan peresmian Gedung LASIK & Aesthetic Center menjadi sarana Medical Tourism di Surabaya

...

Lapang Pandang Menyempit, Segera Periksa Mata

Sosialisasai tentang pentingnya deteksi dini Glaukoma kepada masyarakat

...

Tangani Katarak 20 Pasien Miskin

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak RS. Mata Undaan

...

Waspadai Sindrom Mata Kering

Mata Kering dipicu akibat terlalu lama melihat gadget