PUBLIKASI - Poli Unggulan Spesialis Mata Operasi Katarak Undaan Ada di RSNU Babat Lamongan

Poli Unggulan Spesialis Mata Operasi Katarak Undaan Ada di RSNU Babat Lamongan

Sumber: memorandum.co.id

...

LAMONGAN, MEMORANDUM -Poli unggulan Spesialis Mata Operasi Katarak ada di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Babat Lamongan dengan menggandeng Rumah Sakit (RS) Mata Undaan Surabaya. Jumat 8 Maret 2024. Hal ini menjadi kebanggaan untuk mengukir sejarah medis di kota Soto Lamongan ini, usai diumumkan melalui momentum Soft Opening oleh Direktur Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya, dr. Sahata PH Napitupulu, SpM(K) di RSNU Babat Lamongan.

RS Mata Undaan Surabaya bangga Soft Opening Poli Mata ini dan akan menjadi bagian integral dari Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Babat Lamongan. Direktur Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya, dr. Sahata PH Napitupulu, SpM(K) usai melaksanakan Soft Opening menyampaikan, "Sudah hampir 2 tahun lalu merintis pembukaan Poli Mata di RSNU Babat. Melihat data yang ada banyak pasien yang dirujuk ke RS Mata Undaan, khususnya pasien - pasien yang perlu penanganan khusus. Memang tidak semua 100 persen pasien itu yang butuh penanganan khusus spesialis, ada sebagian yang sebetulnya bisa ditangani di daerah. Makanya kita membuka perluasan di daerah supaya tidak semua pasien itu harus ke RS Mata Undaan Surabaya, kita permudah itu. "Untuk membuka Poli Mata baru itu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya perijinan dan peralatan, karane kalau poli mata ini memang peralatannya khusus dan berbiaya besar jadi perlu kita persiapkan," tutur dr. Sahata PH Napitupulu, SpM(K).

Progres kedepan pelayanan poli mata di RSNU Babat Lamongan ini, pertama karena didaerah kita lakukan skrining dan penjaringan, tentunya layananya mata umum. Nanti dari situ di filter mana yang ditangani di poli mata RSNU Babat Lamongan dan mana yang harus ditangani di RS Mata Undaan Surabaya, jadi tidak harus semuanya ke Surabaya. Di Surabaya sendiri, menurutnya, tentunya kalau semua datang ke Surabaya nanti malah berpotensi menimbulkan kondisi penumpukan pasien (crowding). Pelayanan bertumpuk seperti itu tentunya kepuasan pasien berkurang. Kalau pasien itu bisa ditangani di daerah kenapa harus datang ke Surabaya, karena pembiayaan juga tambah, waktu juga terkuras. Tujuannya ini agar pasien itu lebih nyaman, pelayanan tidak putus dan jalan terus," ujarnya.

Disampaikan dr. Sahata, untuk peralatan terbaru unggulannya ada di RS Mata Surabaya. Mungkin alat itu belum ke daerah. Di Indonesia saja cuma dua di Undaan sama di Jakarta. Perlu kami sampaikan, jadi semua layanan di poli mata di RSNU Babat ini konsep standarnya dari Undaan. Untuk dokternya dari RS Mata Undaan Surabaya rotasi ke RSNU Babat Lamongan, jadi sama. Sementara itu, kata dr. Sahata agar layanan itu bagus harus ada dokter setempat yang punya waktu lebih banyak disini. Selanjutnya kita akan rekrut dokter setempat yang ada disini dan kita berikan pelatih di RS Mata Undaan Surabaya," ," terang dia.

Saat ditanya soal Poli Mata di RSNU Babat ini yang ke berapa ? Direktur RS Mata Undaan menjelaskan, "Undaan ini PT dibawahnya Yayasan, ini ketiga setelah kita pernah buka di Pare dan buka di Sidoarjo sekarang dalam proses. Namun khusus mata kali ini yang pertama. Kalau di dua tempat tersebut umum. Disini sebagai layanan unggulan spesialis mata. Di daerah unggulannya bedah katarak, kalau di Indonesia ini yang masih dedlock itu layanan katarak, makanya masih banyak bakti sosial operasi katarak. Karena masih banyak sekali masyarakat kita menderita katarak yang belum terlayani," tutupnya.

"RSNU Babat Lamongan semakin melengkapi fasilitas pelayanan kesehatan. Selain pelayanan sebelumnya, Poli Spesialis, Poli Umum, Poli Anak, Poli Gigi, Poli Bedah, Poli Kandungan, Poli Penyakit dalam (menular) Kamar Operasi, radiologi, Laboratorium, serta layanan Apotik. Kini layanan paling gres yang hadir di Babat Lamongan dan menjadi kebanggan, telah resmi di Soft Opening layanan Poli Mata RSNU Babat Lamongan dari kerjasama dengan RS Mata Undaan Surabaya. Hal itu diharapkan RSNU Babat Lamongan kedepan bisa lebih diminati masyarakat karena akses layanan semakin lengkap," tutur Direktur RSNU Babat dr. Ananda Arantika Widi Asmara dalam acara Soft Opening Poli Mata di RSNU Babat ini.

Sebenarnya rencana kerjasama membuka layanan Poli Mata di RSNU Babat ini sudah berlangsung sekitar dua tahun yang lalu, dan baru bisa terealisasikan di tahun 2024 ini. "Alhamdulillah, mungkin dengan berbagai pertimbangan persiapan akhirnya layanan poli mata di RSNU Babat ini bisa terealisasi. Veneer ini 300 kali lebih baik dari gigi palsu! Dan harganya sangat murah! Veneer ini 300 kali lebih baik dari gigi palsu! Dan harganya sangat murah! Advertisement S22 ultra seharga 1.857.000 Rp. Diskon hingga 70% untuk flagman Samsung Advertisement Harga termurah se-Indonesia! Hari ini dengan DISKON 70% Kami semua bersyukur rencana baik ini bisa terealisasikan, sehingga bisa membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan mata dan tidak perlu jauh-jauh lagi ke Surabaya toh akhirnya sama dengan RS Mata Undaan," beber dr. Ananda.

Dipilihnya RS Mata Undaan Surabaya karena selain sudah dikenal masyarakat secara luas. Di RS Mata Undaan juga lengkap fasilitas penunjang dan menjadi rumah sakit tertua di Indonesia karena usianya hampir 1 abad. "RS Mata Undaan ini selalu menjadi rujukan bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mata, jadi setiap masyarakat Lamongan dan sekitarnya yang mengalami gangguan mata rujukan utama pasti ke RS Mata Undaan," jelas dia.

Dengan Soft Opening Poli Mata hari ini di RSNU Babat, pihaknya siap melakukan sosialisasi ke masyarakat bahwa sekarang di RSNU Babat sudah bisa melayani gangguan mata dengan adanya layanan poli mata, khususnya operasi katarak. "Kami jemput bola ke masyarakat dengan motivasi dari PCNU Babat dengan mengerahkan MWC NU lainnya untuk melakukan skrening dan sosialisasi keberadaan layanan poli mata di RSNU Babat," tandasnya.

Hal senada, Ketua PCNU Babat KH. Ma'mun Afandi menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi tingginya dari penantian panjang atas dibukanya layanan Poli Mata di RSNU Babat ini sampai kami tidak percaya hari di Soft Opening. Karena menurutnya hal ini sangat dinantikan masyarakat atas layanan kesehatan poli mata. Sehingga dibukanya layanan poli mata di RSNU Babat hasil kerjasama dengan RS Mata Undaan Surabaya menjadi kebanggaan dan diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya dalam pelayanan kesehatan mata. "Kami bersyukur, akhirnya RSNU Babat bisa mewujudkan adanya layanan Poli Mata. Semoga membawa manfaat khususnya bagi masyarakat yang ada di Babat Lamongan dan sekitarnya," pungkas KH. Ma'mun Afandi dengan do'a. Soft Opening selain dihadiri Direktur RS Mata Undaan Surabaya beserta tim manajemen, serta jajaran manajemen RSNU Babat, kegiatan tersebut juga turut dihadiri pengurus PCNU Babat, perwakilan MWCNU beserta undangan.

Diketahui, RSNU di wilayah Babat Kabupaten Lamongan, yang diresmikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama ketua NU Jatim, KH. Marzuki Mustamar pada Selasa (19/10/2021), adanya RSNU besutan warga Nahdiyin itu bisa membantu percepatan reformasi sistem sosial nasional yang memuat salah satunya adalah kesehatan warga masyarakat. (pul)


...

https://rsmataundaan.co.id/index.php/konten/publikasi_detail/24

Peringati World Sight Day 2023, RS Mata Undaan Gelar Pemeriksaan Mata Gratis Untuk Pekerja Media

...

Operasi Mata Minus Hanya 8 Detik

Proses operasi mata menggunakan Zeiss Visumax 800 di RS. Mata Undaan

...

Dukung Pengobatan Mata Menjadi Medical Tourism

Walikota Surabaya Bpk Eri Cahyadi , S.T., M.T. menyatakan peresmian Gedung LASIK & Aesthetic Center menjadi sarana Medical Tourism di Surabaya

...

Lapang Pandang Menyempit, Segera Periksa Mata

Sosialisasai tentang pentingnya deteksi dini Glaukoma kepada masyarakat

...

Tangani Katarak 20 Pasien Miskin

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak RS. Mata Undaan

...

Waspadai Sindrom Mata Kering

Mata Kering dipicu akibat terlalu lama melihat gadget